Jumat, 18 November 2011

Hal kecil ---> Hal Besar

Tidak bosan-bosannya kata KEBERSIHAN itu selalu kita dengar dan kita lihat. Mengapa? hal itu dikarenakan betapa pentingnya kebersihan bagi hidup kita. Bayangkan saja, orang yang terlihat begitu sehat, saat dia memasuki atau beradaptasi dengan lingkungannya yang kotor, otomatis seseorang tersebut akan menjadi tidak sehat. Dengan kata lain kebersihan itu sangat menentukan kesehatan kita.
Tapi tahukah kamu? apa yang menyebabkan lingkungan menjadi tidak bersih? Jawabannya adalah masalah kecil yang dibiasakan. Saya ambil contoh, saat kita berniat untuk menabung. Kita pun senantiasa membiasakan diri untuk menabung, walaupun itu dari uang yang harganya kecil. Tapi setelah berhari-hari, berbulan-bulan, bertahun-tahun, lihatlah uang hasil tabungan kamu, berjumlah banyak kan?. Nah, sama halnya dengan lingkungan kita yang tidak bersih. Semua itu berawal saat kita membiasakan hal hal kecil. Misal, saat kita memakan permen, otomatis bungkus permen itu harus dibuang. Kita tidak menemukan tempat sampah, atau dengan alasan tempat sampah yang jauh. Nah, dari situ kita pun lebih baik membuang begitu saja, menghiraukan masalah yang akan datang, karena toh cuma bungkus permen yang sekecil itu, nanti juga tertiup angin. Banyak sekali alasannya. Dari situlah kita terbiasa membuang sampah.

Sekarang bagaimana caranya membuat agar lingkungan kita tetap bersih? Caranya sama saja dengan cara yang kita lakukan saat kita menjadikan lingkungan kotor. Ya, kita mulai dari hal yang kecil. Kita melihat sampah sekecil apapun, otak kita spontan membuangnya pada tempat sampah. Hal seperti itu bisa kita lakukan secara terus-menerus. Dan akibatnya kita menjadi terbiasa, kita sadar bahwa sampah sekecil apapun akan menjadi besar bila tidak ditangani sebagaimana mestinya.
MESKIPUN SESUATU ITU KECIL, JIKA KITA TERUS MELAKUKANNYA, DIKEMUDIAN HARI SESUATU ITU AKAN MENJADI  BESAR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar