Jumat, 11 November 2011

Berbagai macam bencana alam di Indonesia

Bencana alam adalah suatu kejadian dikarenakan oleh alam, dimana bencana alam ini dapat merubah dan merusak struktur dari alam itu sendiri. Di Indonesia bencana alam menjadi suatu hal yang biasa dimana hampir setiap tahunnya di Indonesia banyak terjadi suatu peristiwa bencana alam yang dashyat. Bencana ini antara lain : gempa bumi, tsunami, gunung meletus, bencana banjir,  longsor dan kebakaran hutan.

1.    Gempa Bumi
Gempa bumi adalah getaran atau goncangan yang terjadi karena akibat pergeseran lapisan bumi yang berasal dari bawah permukaan bumi. Faktor pemicu terjadinya  adalah bergesernya lapisan bawah bumi (gempa tektonik) dan juga disebabkan oleh letusan gunung yang dahsyat (gempa vulkanik). Perlu diketahui Indonesia terletak diantara lempeng tiga lempeng tektonik yang sangat aktif yaitu : lempeng australia, lempeng eurasia, dan lempeng pasifik, yang mana diantara lempeng tersebut selalu bertumbuk satu sama lain yang mengakibatkan gempa tektonik.


2.     Gunung Meletus
Gunung meletus adalah peristiwa keluarnya magma dari perut bumi yang disertai dengan getaran atau disebut gempa vulaknik, awan panas dan material lainnya yang keluar dari peristiwa gunung berapi.  Perlu kalian ketahui, Indonesia banyak gunung yang masih aktif yang dapat meletus.



3.     Tsunami
Tsunami merupakan suatu peristiwa yang terjadi karena gempa (tektonik atau vulkanik) disertai dengan gelombang besar yang menerjang daerah sekitar pantai. Pada tanggal 26 Desember 2004 di Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatra Utara terjadi gempa bumi berskala 8,9 skala richter di dasar laut yang mengakibatkan gelombang tsunami yang paling dahsyat dan merupakan bencana alam internasional.



4.     Bencana Banjir
Dengan iklim tropis, Indonesia merupakan negara yang paling banyak hujan, dimana bila hujan itu terjadi terus-menerus maka akan menyebakan banjir. Contohnya terjadi di Jakarta dimana setiap tahunnya selalu terjadi banjir, akibat buruknya perilaku warga setempat yang mebuang sampah di sungai.




5.     Longsor
Longsor merupakan peristiwa diamana tanah bergerak turun dengan cepat yang biasanya terjadi di daerah yang terjal dan curam. Longsor juga tejadi akibat gundulnya hutan-hutan khususnya di daerah perbukitan yang terjal, dimana tanah tidak ada penahan akibat pohon di daerah itu tidak ada.



6.     Kebakaran Hutan
Kebakaran hutan terjadi akibat panjang musim kemarau yang mengakibatkan keringnya daerah hutan atau terjadi akibat tindakan seseorang yang itu membakar sesuatu yang mengakibatkan kebakaran hutan yang tak terkendali. Di Riau dan kalimantan adalah daerah di Indonesia yang sering terkadi kebakaran hutan.


Kesimpulannya kita sebagai generasi penerus, setidaknya dapat memahami bahwa sangat rawannya negara kita terhadap bencana alam. Untuk itu perlu kita sikapi bagaimana di kemudian hari agar bencana alam dapat di antipasi dan dapat mengurangi korban jiwa yang diakibatkan bencana alam.
 Demiakian posting kali ini, Semoga bermanfaat

By : m_fajar12

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar